ABOUT | CONTACT | DAFTAR ISI

Recent Posts

Manfaat Ketimun Untuk Kesehatan

KLASIFIKASI KETIMUN | DATA NUTRISI KETIMUN | RESEP HERBAL KETIMUN | KHASIAT KETIMUN UNTUK KECANTIKAN | FOTO BUNGA KETIMUN

Sebagian besar di antara kita mungkin sering mengonsumsi buah mentimun atau ketimun. Buah yang dalam bahasa latin bernama Cucumis sativus ini  sering kita jumpai dalam setiap hidangan makanan terutama pada lalapan, salad atau acar. Ketimun memiliki kandungan air yang cukup tinggi di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan.

Potongan buah ketimun juga kerap digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai nutrisi dan manfaat ketimun untuk kesehatan, mari kita jelajahi area kesehatan apa saja yang didapat dari konsumsi buah yang termasuk suku labu-labuan ini :

1. Ketimun untuk Perawatan Kulit 

Ketimun bersifat diuretik, efek pendingin dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi, Vitamin A, B dan C dan kehadiran mineral seperti magnesium, kalium, mangan dan silika membuat ketimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung sari ketimun digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic hadir dalam ketimun dapat menurunkan tingkat retensi air yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan dan bengkak di sekitar mata.

2. Ketimun untuk Fungsi pencernaan

Masalah pencernaan seperti maag, gastritis keasaman, dan bahkan tukak dapat disembuhkan dengan mengonsumsi jus ketimun segar setiap hari. Kandungan serat makanan dalam ketimun dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga meningkatkan proses pencernaan. Bahkan, mengonsumsi ketimun setiap harinya dinilai sangat ampuh sebagai obat sembelit.

3. Ketimun untuk kesehatan sendi

Dalam ketimun terkandung silika yang dapat mempromosikan kesehatan sendi Anda dengan memperkuat jaringan ikat.

4.  Ketimun untuk Pencernaan protein

Ketimun mengandung enzim yang disebut Erepsin yang membantu dalam pencernaan protein.

5. Ketimun untuk Tekanan darah

Potassium, magnesium dan serat yang hadir pada ketimun dapat membantu Anda dalam menjaga tekanan darah tetap normal.

6. Ketimun untuk Membunuh cacing pita

Biji ketimun dianggap sebagai obat alami untuk mengusir cacing pita di saluran usus. Bahkan, biji mentimun juga dikenal bermanfaat sebagai anti-inflamasi dan efektif dalam pengobatan pembengkakan selaput lendir (hidung) dan tenggorokan.

7.  Ketimun  untuk Perawatan kuku

Ketimun kaya akan kandungan silika, dapat mencegah pecah dan rusaknya kuku-kuku di jari kaki dan tangan.

8. Ketimun untuk Mengatasi encok dan rematik

Jus ketimun dengan diperkaya kandungan vitamin A, B1, B6, C dan D, Folat, Magnesium, Kalsium ketika dicampur dengan jus wortel, dapat membantu pasien yang mengalami nyeri sendi dengan cara menurunkan asam urat.

9. Ketimun untuk Mengobati sakit gigi dan gusi

Penyakit mulut pada gigi dan gusi khususnya pyorrhea dapat diobati secara efektif dengan jus ketimun. Konsumsi ketimun mentah juga dapat meningkatkan air liur dan berfungsi dalam menetralisasi asam dan basa di dalam rongga mulut.

10.  Ketimun untuk Diabetes

Jus ketimun dikenal dapat membantu kesehatan pasien diabetes. Kandungan mineral mangan bermanfaat dalam sintesis insulin alami di dalam tubuh.

11. Ketimun untuk Perawatan ginjal

Ketimun menunjukkan manfaat dalam membantu meringankan masalah kandung kemih dan ginjal. Air yang terkandung dalam ketimun membantu fungsi ginjal dengan melancarkan proses urinasi. Faktanya, ketimun merupakan diuretik alami terbaik.

12. Ketimun untuk Menyuburkan rambut 

Ketimun mengandung silika. Dengan membuat jus ketimun yang dicampur dengan wortel, bayam dan selada, minuman ini akan membantu penyuburan rambut.  Silika terdapat dalam jaringan ikat di dalam tubuh. Senyawa ini membantu pertumbuhan rambut sehingga bila Anda rajin mengonsumsi makanan mengandung silika akan memiliki rambut yang bagus dan tulang yang sehat.

13. Ketimun Untuk mengatasi kelelahan

Ketimun memiliki kombinasi vitamin B dan karbohidrat yang bisa menjadi peningkat mood dan kesegaran lebih lama dari kopi, cokelat batangan, atau minuman berenergi. Plus, ketimun lebih murah ketimbang secangkir kopi di toko kopi.


14. Ketimun untuk Penghapus selulit sementara

Salah satu ketakutan wanita adalah terlihatnya gurat-gurat selulit pada bagian tubuh tertentu. Hal itu terasa lebih saat mengenakan pakaian renang. Uh, malu, rasanya. Coba potong-potong ketimun lalu oleskan bagian berairnya pada lokasi-lokasi tubuh yang bermasalah dengan selulit untuk membuatnya sedikit berkurang. Ternyata, ketimun memiliki kandungan photochemical yang menyebabkan kolagen pada kulit mengencang sehingga baik untuk selulit.


15. Ketimun untuk Kulit terbakar

Jika Anda dan anak-anak banyak bermain di bawah matahari, tak heran kulit pun akan terbakar. Cobalah oleskan air dari ketimun pada bagian kulit yang terbakar. Dengan begitu, ada kesan menenangkan dan dingin di kulit.


16. Ketimun unutk Penghilang "hangover"

Kepala pening akibat terlalu banyak minum minuman beralkohol? Ambil ketimun dan makanlah sebelum tidur. Keseimbangan gula, vitamin B, dan elektrolit bisa mengganti nutrien yang hilang pada tubuh. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih baik saat pagi hari.

*****

Tips agar ketimun tidak pahit

Cara mengupas timun ikut memengaruhi rasa timun, lho. Agar tidak pahit, timun sebaiknya tidak dikupas dari pangkal ke ujung, melainkan sebaliknya, dari ujung ke pangkal.

*****

referensi:

0 comments:

Post a Comment